FeaturedNews

Google Bakal Hukum Huawei dengan Cabut Lisensi Androidnya

Semenjak Donald Trump terpilih menjadi presiden, memang banyak sekali kebijakan-kebijakan baru yang pro dan kontra. Tak sedikit kebijakan Donald trump membuat hubungan antar negara semakin memanas salah satunya yang saat ini terjadi adalah antara Amerika dan China.

Jika kita melihat dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi antara ameraika dan china, rasanya tidak terlalu mengagetkan jika sekarang terdengar kabar ketidakharmonisan hubungan bisnis antara perusahaan raksasa google dengan huawei.

Google bakal cabut lisensi android huawei

Huawei perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia.  yang berpusat di china ini sedang bersitegang dengan google terkait lisensi sistem operasi android yang kabarnya pihak google bakalan mencabut lisensi huawei.

Di nonaktifkannya Lisensi android huawei ini tentu saja bukan tanpa sebab. Salah satu alasan Amerika serikat mengambil kebijakan tersebut lantaran Departemen Kehakiman AS mengeluarkan dakwaan bahwa Huawei menjalin konspirasi dengan Iran. Huawei juga dituding terlibat dalam aktivitas yang membahayakan keamanan nasional AS.

Huawei masuk dalam daftar hitam “blacklist” pemerintah Amerika Serikat beserta 70 afiliasi Huawei. Perusahaan tersebut tidak bisa membeli komponen apapun tanpa persetujuan pemerintah AS. Imbasnya, kedepan nanti smartphone huawei tidak lagi ditemukan layanan google seperti gmail,youtube, chrome dan lain sebagainya.

Jadi, smartphone Huawei nanti menggunakan android opensource tapi “seperti” bukan buatan google karena tidak ada layanan google disana.

Baca juga :
Benarkah Aplikasi Whatsapp Tidak Akan Pernah Aman?? Mudah di Retas

Menanggapi kebijakan ini, Huawei mengatakan menentang keputusan yang dikeluarkan oleh Biro Industri dan Keamanan (BIS) Kementerian Perdagangan Amerika Serikat (US Department of Commerce) tersebut.

Keputusan tersebut tidak menguntungkan bagi semua pihak dan berpotensi memberikan dampak ekonomi yang signifikan terhadap perusahaan AS yang berbisnis dengan Huawei,” ujar Huawei dalam pernyataannya. “Kami juga akan secara proaktif memitigasi dampak dari insiden ini,” tambah Huawei.

Sebenarnya Huawei bukan perusahaan pertama kalinya yang terkena masalah semenjak trump memimpin amerika. Pada tahun 2016 lalu ZTE juga mengalami hal serupa yang kala itu ZTE dibekukan rantai pasokan komponen perusahaannya terkait tudingan ZTE menjual menjual barang secara ilegal ke Iran dan Korea Utara.

Sumber : kompas.com

Tags

Sohib Moody

Seorang blogger baru yang mencoba menyisihkan lebih banyak waktu untuk berbagi sesuatu yang mungkin bermanfaat untuk pengguna internet. Salam sukses dan pantang menyerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close